Blogger Templates

Obat Tertawa

Tahukah anda bahwa balita dan anak anak tertawa lebih dari 100 kali per hari? Bagaimana dengan orang dewasa? Ternyata tidak lebih dari jumlah jari satu tangan saja. Padahal banyak yang bilang kalau tertawa sangat menguntungkan dari segi kesehatan. Apa saja sih keuntungannya?

Tertawa membuat setiap orang mampu melewati hari hari yang penuh tantangan dengan lebih baik. Tertawa mampu menguatkan sistem imun sehingga berbagai penyakit berbahaya dapat dicegah masuk ke dalam tubuh.


Saat ini stress yang berkepanjangan diduga bertanggung jawab timbulnya berbagai penyakit khronis berbahaya seperti depresi, penyakit jantung, peningkatan kolesterol, tekanan darah tinggi, penuaan dini dan lain lain. Tertawa dapat menurunkan produksi hormon pemantik stress di dalam tubuh. Tertawa juga mempunyai efek relaksasi pikiran dan tubuh sehingga dapat membantu kita melewati kondisi stress yang berat. Dengan kata lain, tertawa merupakan jalan terbaik untuk menyingkirkan masalah yang menganggu bahagianya hidup.

Lebih dari sekedar obat stress, tertawa juga menolong kita menemukan sumber pengharapan baru dalam hidup. Hanya dengan tersenyum atau tertawa kita akan mampu mengatasi segala tantangan kehidupan sepanjang hari. Disamping itu, tertawa juga berpengaruh terhadap aliran darah yaitu mengalirkan banyak darah ke organ organ vital sehingga bekerja lebih optimal.

Bagian terunik dari tertawa yaitu sangat menular. Hanya dengan mendengar seseorang tertawa maka otak kita akan meresponnya dengan senyuman atau bahkan ikut tertawa. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat ampuh dalam membangun lingkungan sosial yang lebih bersahabat.

Penelitian terakhir menyebutkan, orang yang suka tertawa umurnya akan lebih panjang karena mereka betul betul menikmati hidup yang menyenangkan. Orang yang selalu gembira akan lebih sehat, lebih sukses, memiliki hubungan yang lebih harmonis dan tentu saja uang lebih banyak.

Jadi jelas sudah manfaat tertawa bagi kesehatan emosional dan fisik. Hampir setiap penelitian yang ada tentang tertawa menyebutkan efek menguntungkan ini. Jadi, tertawalah mulai saat ini.

No comments:

Post a Comment

back to top